Tōkyō Metro seri 5000 (
bahasa Jepang:東京地下鉄5000系,
Tōkyō Chikatetsu 5000-kei) adalah unit
kereta rel listrik buatan
Jepang.
Pada awalnya hendak dioperasikan masing-masing dengan sepuluh gerbong,
namun hanya dioperasikan dengan delapan gerbong akibat terbatasnya
panjang peron dan kurangnya daya. Kereta ini merupakan KRL yang hampir
sama dengan
Tōyō Rapid seri 1000, karena ia merupakan rekondisi dari unit ini .
Sejarah rangkaian
KRL ini dibangun pada tahun 1960-an dan dioperasikan oleh Teito Rapid
Transit Authority (TRTA / Eidan Subway, kini Tokyo Metro), dimana
pembuatannya dilakukan oleh konsorsium Tokyu Car Corporation, Nippon
Sharyo, Kinki Nippon dan perusahaan pembuat kereta lainnya di Jepang.
Pada awal masa operasionalnya di jalur Tozai, KRL ini belum menggunakan
AC, namun pada periode 1970an-1990 KRL ini dipasangi pendingin udara dan
pada tahun 1995 beberapa set dari KRL ini mengalami modifikasi menjadi
KRL seri 1000 milik Tōyō Rapid Railway (Tōyō Kosoku Tetsudo).
Semasa di Jepang, KRL ini dijalankan di jalur Tokyo Metro Tozai dan
sering pula meneruskan perjalanan ke jalur Japan Railway East (JR East)
Chuo-Sobu sebagai layanan lokal dan ke jalur Toyo Rapid Railway sebagai
layanan lokal, Rapid (setara dengan layanan ekspres di Indonesia),
Commuter Rapid (layanan ekspres khusus komuter) dan Tōyō Rapid (layanan
ekspres khusus yang melayani jalur Tozai dan jalur Tōyō Rapid dalam
sekali perjalanan). KRL ini pensiun ditahun 2006, dan bersamaan dengan
penarikan KRL ini dari jalur Tozai pula KRL Tōyō Rapid seri 1000 juga
pensiun karena KRL ini pada dasarnya adalah modifikasi dari Tōkyō Metro
5000. Akhirnya sisa rangkaian yang masih utuh diboyong ke
Indonesia
dan tersisa 2 set di Jepang dengan rincian 3 kereta dalam 1 set dan
dijalankan di jalur Tokyo Metro Chiyoda untuk melayani perjalanan KA
pengumpan jalur cabang antara stasiun Ayase dan stasiun Kita-Ayase
Rangkaian jalur Tozai dan Toyo Rapid adalah sebagai berikut:
Nomor |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
Penomoran |
KuHa 5100 |
MoHa 5300 |
MoHa 5600 |
MoHa 5300 |
MoHa 5600 |
SaHa 5200 |
MoHa 5300 |
MoHa 5600 |
MoHa 5300 |
KuMoHa 5000 |
Lainnya |
|
|
|
|
MoHa 5100 |
SaHa 5900 |
|
|
|
|
Kodefikasi |
CT |
M1 |
M2 |
M1 |
Mc2 |
Tc |
M1 |
M2 |
M1 |
CM2 |
Sementara rangkaian jalur cabang Chiyoda adalah sebagai berikut:
Nomor |
1 |
2 |
3 |
Penomoran |
KuHa 5900 |
MoHa 5400 |
KuMoHa 5100 |
Kodefikasi |
CT |
M1 |
CM2 |
Rangkaian
Nomor |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
Penomoran |
KuHa 5100 |
MoHa 5300 |
MoHa 5600 |
MoHa 5300 |
MoHa 5600 |
SaHa 5200 |
MoHa 5300 |
KuMoHa 5000 |
Lainnya |
|
|
|
|
MoHa 5100 |
SaHa 5900 |
|
|
Kodefikasi |
CT |
M1 |
M2 |
M1 |
Mc2 |
Tc |
M1 |
CM2 |
Rincian rangkaian
- 5809F: 5809-5312-5631-5314-5607-5215-5326-5009 (5215 dan 5326
bertukar tempat dengan 5675 dan 5313, warna silver dengan strip
biru-kuning)
- 5816F: 5816-5245-5630-5363-5688-5905-5247-5016 (5905 dan 5247
bertukar tempat dengan 5346 dan 5631, warna silver dengan strip
biru-kuning)
- 5817F: 5817-5246-5632-5359-5127-5927-5251-5017 (5927 dan 5251
bertukar tempat dengan 5650 dan 5234, warna silver dengan strip
biru-kuning)
Kontroversi
KRL seri ini bersama dengan seri 1000 eks Tōyō Rapid diketahui
sebagai barang hasil korupsi yang dilakukan oleh Soemino Eko Saputro
(mantan Direktur Jenderal Perkeretaapian). Pada saat KRL ini tiba di
Indonesia, dia mengatakan bahwa KRL ini adalah hibah dari Tōkyō Metro,
namun kenyataannya KRL ini adalah hasil dari pembelian secara
terselubung oleh
Kementerian Perhubungan,
dan anehnya KRL ini dibeli dari tempat pemotongan besi tua (scrapyard),
dimana KRL tersebut sebelumnya akan dibesituakan, namun karena dibeli
oleh Kementerian Perhubungan maka KRL ini akhirnya tidak jadi
dibesituakan dan dikapalkan ke Indonesia.
Akibat dari kontroversi ini, publik tidak hanya merasa dibohongi oleh
Soemino Eko Saputro, tetapi dia sendiri pun akhirnya diperiksa oleh
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan dijebloskan ke penjara.
Pranala luar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar